Soal dan Jawaban Pre Assesmen Diklat Online
Seri Semangat Guru 2 - Kreatifitas dan Inovasi
Soal 1. Kebiasaan kreatif harus memenuhi
hal-hal berikut ini, kecuali:
A. Muncul di kondisi puncak seseorang
B. Ide orisinal
C. Dapat muncul dalam berbagai situasi
D. Memberi manfaat
Soal 2. Kreativitas dapat muncul dalam bentuk atau konteks:
A. Memasak mengikuti resep
B. Pemecahan masalah Matematika
C. Mengulang-ulang gerakan olahraga
D. Membuat replika (duplikasi) lukisan Raden
Saleh
Soal 3. Dari pilihan berikut ini, yang paling besar kemungkinannya dalam mengembangkan kebiasaan berpikir kreatif pada siswa adalah:
B. Menunjukkan kekurangan
C. Memuji ide yang muncul
D. Memberi tantangan secara rutin
Soal 4. Aspek kunci melatih kebiasaan berpikir kreatif adalah hal-hal berikut ini, kecuali:
A. Jangan menghakimi ide awal walau terasa aneh atau lucu
B. Percaya bahwa melalui kreativitas,
semua ide bisa dibuat jadi berhubungan dengan tujuan yang baik
C. Selalu memuji ide yang muncul
D. Kebiasaan baru ditempelkan pada
kebiasaan lama
Soal 5. Hal yang tidak mungkin dilakukan adalah:
A. Menggambar kuda nil dari bentuk dasar bintang bersudut lima
B. Menggunakan sedotan bekas untuk
penyuluhan tentang stunting
C. Memberi pertanyaan pemicu yang
berbeda pada dua anak yang punya ide sangat mirip
D. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita kreatif
Soal 6. Menempelkan kebiasaan baru pada aktivitas rutin bisa jadi gagal jika:
A. Aktivitas rutin lama dilakukan terlalu
pagi
B. Aktivitas rutin lama sering berjalan otomatis dan tanpa sadar
C. Kebiasaan baru yang ditempelkan
bersifat ringan sekali
D. Aktivitas rutin lama dilakukan dalam suasana santai
Soal 7. Kalimat pujian akan gagal membangun kebiasaan berpikir kreatif jika:
A. Diberikan sering sekali
B. Pujian menunjukkan sisi baiknya
secara spesifik
C. Menunjukkan kekhawatiran guru karena disertai kata “tapi”
D. Diucapkan dengan intonasi yang sesuai
kebutuhan emosi siswa
Soal 8. Di kelas 3 SD sekolah XYZ, anak sedang dibangun kebiasaan berpikir kreatifnya. Di pembelajaran awal kreativitas ini, siswa Ida memunculkan ide yang orisinal bagi dirinya tapi sesungguhnya mirip dengan ide yang sudah dilontarkan orang lain. Dari pilihan jawaban berikut yang paling tepat kita lakukan untuk membangun kebiasaan berpikir kreatif Ida adalah:
A. Menyarankan Ida menambahkan detil unik pada idenya
B. Mentertawakan Ida karena wawasan Ida
kurang luas
C. Mempertemukan Ida dengan orang lain
yang memiliki ide yang sama
D. Memberi Ida nilai yang sama dengan
nilai temannya yang memberikan ide yang sama
Soal 9. Daftar cek (checklist) digunakan untuk memonitor:
A. Seberapa detil ide berhasil
dielaborasi
B. Apakah pada hari itu sudah menjalankan latihan atau belum
C. Jumlah ide kreatif yang muncul dalam
satu hari
D. Jumlah pujian dari orang lain bagi
kita
Soal 10. Saat diberi tantangan kreatif, seorang anak menyampaikan ide awal yang kurang sesuai dengan norma sosial. Respon yang baik dari pendidik untuk membangun kebiasaan kreatif yaitu:
A. Memuji seluruh variasi ide yang
muncul
B. Menginformasikan orang tua anak agar
mendidik anak lebih baik lagi
C. Menyatakan bahwa ide awal sah untuk muncul apapun, dan perlu dilanjutkan
dengan mengasah ide itu agar mencapai tujuan yaitu diterima lingkungan
D. Meminta anak mencoret ide itu
dan segera mengganti dengan ide lain
0 komentar:
Posting Komentar